Skip to main content

Featured Post

Nyobain Android Mirror ke PC tanpa delay?! - Yuk coba aplikasi Scrcpy dan QtScrcpy!

Bluescreen

pernahkah kalian melihat komputer seperti ini, pasti rata - rata pasti sudah mengetahuinya, dan pasti kalian bingung harus bagaimana cara untuk mengatasi Bluescreen, berikut sekilas tentang bluescreen, mari kita simak
The Blue Screen of Death (also known as a stop error, bluescreen, Blue Screen of Doom or BSoD) is an error screen displayed by some operating systems, most notably Microsoft Windows, after encountering a critical system error which can cause the system to shut down, to prevent damage. OS/2 and MS-DOS suffered the Black Screen of Death. Early builds of Windows Vista displayed the Red Screen of Death after a boot loader error. [Sumber : Wikipedia]

nahh tadi itu tentang Bluescreen, sekarang kita bahas penyebabnya dan solusinya :
  • Penyebabnya dan Solusinya :
    1. Hardware atau perangkat dalam komputer dalam keadaan rusak
      • Hardware yang rusak atau tidak berfungsi menyebabkan Bluescreen, saya pernah kerusakan dalam Memori / RAM, nahh saya waktu itu belum berani untuk mengubah isi dalam komputer saya, nahh pas saya tanya  bapakku, "ya udah coba aja" nahh trus saya coba, RAM saya awalnya 1GB (Slot1) dan 512MB (Slot2), nahh saya coba cabut salah satu RAM tersebut, setelah saya cabut Slot2, ternyata tetap saja, dan saya coba cabut Slot1, dan alhamdulillah tidak Bluescreen lagi
    2. System Operation / OS, sistem operasi dalam keadaan corrupt atau file not found, biasanya nya setelah banyak virus di temukan dalam OS / Sistem komputer, jadi menyebabkan file hilang,
      • kalo sudah gini, pasti pake cara ReInstall OS
    3. Driver ga compactible,  Driver ga cocok juga bisa menyebabkan Bluescreen atau Restart sendiri, biasanya masih bisa masuk Safe Mode, Cara untuk menghapus Driver yang ga cocok itu mudah
      • Pertama, masuk ke Safe Mode with Command Prompt
      • setelah masuk Windows / OS pasti engga ada taskbarnya, ketik pada cmd "explorer.exe" agar keliatan taskbarnya, cari kumpulan Driver yang terinstall di komputer (Buat Windows : di Device Manager), cara masuk Device Manager (Start -> Computer klik kanan -> Manage, setelah itu pilih Device Manager, nahh disitu kumpulan Driver yang terinstal) kemudian ingat sebelum komputernya Bluescreen, kalian menginstall Driver apa, misalnya install driver Realtek HD Audio nahh kalian hapus Driver tersebut
    4. Software atau perangkat lunak seperti perangkat Utility yang menyebabkan Bluescreen
      • nahh biasanya ada yang parah ada yang juga masih mudah, kalo sudah parah harus ReInstall OS, tapi kalo yang mudah, masuk ke Safe Mode With Command Prompt
        • Cara pertama, setelah masuk Safe Mode with Command Prompt, langsung masuk ke Control Panel, cari kumpulan program terinstall kemudian uninstall sampai selesai, kemudian masuk OS seperti biasa
        • Cara kedua, bila program tidak mau di uninstall, cara nya hapus sumber lokasi program terinstall, misalnya "C:/Program Files/Windows 7 Manager" nahh hapus saja daripada jalan otomatis
        • sekedar info : saya pernah kejadian ketika mengatur Windows 7 Manager, nahh dia kan minta restart agar di terapkan pengaturannya, pas mau masuk OS, [Gambar Bluescreen] waduhh [kebingungan] gimana nihh, nahh itu Bluescreen nya di Laptop, nahh saya hampir pasrah, pas itu juga saya cari "Install Windows 7 Via USB" banyak ditemukan tapi saya pake cara yang Simple, menggunakan UltraISO, cara Install Windows Via USB menggunakan UltraISO entar saya posting [Coming Soon], nahh alhamdulillah Laptop mendetek USB buat Booting, nahh untungnya saya cepat bertindak daripada dimarahi
nahh itu penyebabnya dan solusi untuk mengatasi Bluescreen, jadi kalian harus hati hati ya dalam memodifikasi komputer atau menginstall program buat komputer, biasanya dapat juga menjadi HANG bila menginstall program tapi spek komputer low

Terimakasih telah membaca postingan ini
semoga bermanfaat bagi kalian ^_^

Comments