Skip to main content

Featured Post

Nyobain Android Mirror ke PC tanpa delay?! - Yuk coba aplikasi Scrcpy dan QtScrcpy!

Automate - Lakukan tugas pintar menggunakan Logika

Automate on Play Store

OPIKARIEF.ID - Automate - Make your phone or tablet smarter with automation, adalah deskripsi singkat mengenai aplikasi Automate sendiri. sudah terlihat jelas kegunaan dan fungsi dari Automate sendiri adalah untuk melakukan tugas menggunakan Logika kita sendiri yang menghasilkan suatu hasil yang kita inginkan dari rangkaian Logika kita. dari Banner resmi Automate sendiri terlihat beberapa balok yang berisi sebuah fungsi atau logika dan terhubung dengan balok lain dan menghasilkan beberapa fungsi yang kita inginkan sesuai Logika yang dibuat. Penasaran? langsung simak saja.


Screenshot:








Dari Tampilan UI:

Dari segi tampilan, UI nya sedikit kurang User Friendly karena menu yang sedikit dan membuat saya sendiri bingung saat pertama kali digunakan tapi, setelah saya menggunakan dengan lama, tampilan ini cukup simpel dan mudah digunakan bagi saya.

Dari Fungsi dan Fitur:






Dari sisi Fungi dan Fitur sendiri cukup menarik, karena disini kalian tidak hanya bisa membuat sebuah logika, tetapi secara tidak langsung kalian juga jadi bisa belajar dasar - dasar pembuatan sebuah program dan alur - alur logika dari program sendiri menggunakan Automate. Automate sendiri sepertinya Berbasis Java dan JavaScript karena disini, ketika saya membuat sebuah blok yang berisi variabel baru, terdapat fungsi - fungsi yang ada pada Java dan JavaScript tersebut seperti date, dateFormat, floor, log, md5, hingga banyak lagi yang dapat dilihat disini

Dari beberapa gambar diatas, sangat terlihat beberapa blok yang saling terhubung dan menghasilkan suatu fungsi atau logika tertentu, yang tentunya menghasilkan hasil akhir yang kita inginkan. dan disini ada beberapa fungsi yang umum digunakan dalam membuat sebuah program yaitu menggunakan sebuah variabel.

Dan untuk yang tidak mau repot membuat sebuah program dari Automate, Automate sendiri punya situs komunitasnya yang ada pada Pojok Kanan Atas logo komunitas dan tentu kita tinggal mencari apa yang kita inginkan untuk hasil akhirnya.

Kemudian membahas soal apakah aplikasi ini Gratis atau Berbayar?, berikut deskripsi dari Automate resmi
The free edition only has a single limitation, a maximum of 30 running blocks, that could be 15 running flows with two blocks, or a single running flow with 30 blocks. There’s no limit on inactive flows stored on the device. All features and blocks can be used with, or without, Premium purchase.
Untuk pengguna yang menggunakannya secara gratis, mereka dapat menggunakan blok logika hingga 30 blok dalam satu Flow dan 15 Flow dengan terdapat 2 blok, jadi semua fungsi yang diberikan secara gratis, hanya terdapat batasan untuk blok dan Flow sendiri. nah dari maksud Flow sendiri, Flow dalam Automate ini adalah beberapa blok yang saling menghubungkan dengan blok lain itu sudah disebut Flow. contohnya, terdapat blok A, B dan C, nah blok A terhubung dengan blok B dan blok B terhubung dengan blok C, jaringan yang terhubung dari blok A sampai C tersebut itu yang disebut Flow.

Untuk harga premium nya sendiri, waktu itu saya membelinya tanggal 1 Mei 2017 dengan Harga kisaran 30.000,- rupiah menggunakan pulsa di Play Store. jadi saya dapat menggunakan aplikasi ini dengan semua fitur yang ada di Automate.



Dan enak nya beli di Play Store tersebut, terdapat histori pembelian dari Play Store tersebut yang nantinya ketika kita menggunakan akun yang sama pada perangkat yang berbeda. Premium dari Automate ini tetap bisa digunakan.

Untuk Spesifikasi yang dibutuhkan, detail semua ada dibawah ini
Terakhir, pasti ada yang bertanya - tanya soal ini "Aplikasi ini butuh Rooting ga?". soal ini jawabannya adalah tergantung kalian membuat logikanya seperti apa, jadi misalnya kalian membuat logika nya yaitu mengubah nama folder yang ada pada direktori System, sudah jelas aplikasi ini akan meminta kalian untuk Rooting terlebih dahulu.
Terdapat aplikasi sejenis dengan Automate ini sendiri yaitu Tasker.

Tapi, kekurangannya disini yaitu adalah berbayar diawal. jadi dari saya sendiri awalnya menemukan Tasker terlebih dahulu kemudian Automate, karena Tasker sendiri berbayar diawal, jadi saya pun mengurungkan niat untuk mencoba aplikasi Tasker tersebut. Dari sekilas mirip dengan Automate sendiri dan UI nya pun bisa dibilang User Friendly dibanding Automate, jadi ya saya tidak bisa mengambil langkah selanjutnya untuk Tasker.

Mungkin dari ini cukup sekian untuk membahas soal Automate tersebut. selebihnya kalian dapat mengulas bagaimana Ulasan ini bermanfaat atau tidak, dan mengulas bagaimana Automate tersebut berguna untuk kalian atau tidak.

Comments